Cara Praktis Menghafal Al Qur’an

Download artikel ini?

Lihat artikel seputar Al Qur’an lainnya, >>klik di sini<<
—————————————————————————————-
Segala puji Bagi Allah Rabb semesta alam, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW. Dalam tulisan ini akan kami kemukakan cara termudah untuk menghafalkan al quran. Keistimewaan teori ini adalah kuatnya hafalan yang akan diperoleh seseorang disertai cepatnya waktu yang ditempuh untuk mengkhatamkan al-Quran. Teori ini sangat mudah untuk di praktekan dan insya Allah akan sangat membantu bagi siapa saja yang ingin menghafalnya. Disini akan kami bawakan contoh praktis dalam mempraktekannya:

Misalnya saja jika anda ingin menghafalkan surat an-nisa, maka anda bisa mengikuti teori berikut ini:

  1. Bacalah ayat pertama 20 kali
  2. Bacalah ayat kedua 20 kali
  3. Bacalah ayat ketiga 20 kali
  4. Bacalah ayat keempat 20 kali
  5. Kemudian membaca 4 ayat diatas dari awal hingga akhir menggabungkannya sebanyak 20 kali.
  6. Bacalah ayat kelima 20 kali
  7. Bacalah ayat keenam 20 kali
  8. Bacalah ayat ketujuh 20 kali
  9. Bacalah ayat  kedelapan 20 kali
  10. Kemudian membaca  ayat ke 5 hingga ayat ke 8 untuk menggabungkannya sebanyak 20 kali.
  11. Bacalah ayat  ke 1 hingga ayat ke 8 sebanyak 20 kali untuk memantapkan hafalannya.

Demikian seterusnya hingga selesai seluruh al Quran, dan jangan sampai menghafal dalam sehari lebih dari seperdelapan juz, agar tidak berat bagi anda untuk mengulang dan menjaganya.

BAGAIMANA CARA MENAMBAH HAFALAN PADA HARI BERIKUTNYA?

Jika anda ingin menambah hafalan baru pada hari berikutnya, maka sebelum menambah dengan hafalan baru, maka anda harus membaca hafalan lama dari ayat pertama hingga terakhir sebanyak 20 kali juga hal ini supaya hafalan tersebut kokoh dan kuat dalam ingatan anda, kemudian anda memulai hafalan baru dengan cara yang sama seperti yang anda lakukan ketika menghafal ayat-ayat sebelumnya.

BAGIMANA CARA MENGGABUNG ANTARA MENGULANG (MURAJA’AH) DAN MENAMBAH HAFALAN BARU?

Jangan sekali-kali anda menambah hafalan tanpa mengulang hafalan yang sudah ada sebelumya, karena jika anda menghafal al quran terus-menerus tanpa mengulangnya terlebih dahulu hingga bisa menyelesaikan semua al quran, kemudian anda ingin mengulangnya dari awal niscaya hal itu akan terasa berat sekali, karena secara tidak disadari anda akan banyak kehilangan hafalan yang pernah dihafal dan seolah-olah menghafal dari nol, oleh karena itu cara yang paling baik dalam meghafal al quran adalah dengan mengumpulkan antara murajaah (mengulang) dan menambah hafalan baru. Anda bisa membagi seluruh mushaf menjadi tiga bagian, setiap 10 juz menjadi satu bagian, jika anda dalam sehari menghafal satu halaman maka ulangilah dalam sehari empat halaman yang telah dihafal sebelumnya hingga anda dapat menyelesaikan sepuluh juz, jika anda telah menyelesaikan sepuluh juz maka berhentilah selama satu bulan penuh untuk mengulang yang telah dihafal dengan cara setiap hari anda mengulang sebanyak delapan halaman.

Setelah satu bulan anda mengulang hafalan, anda mulai kembali dengan menghafal hafalan baru sebanyak satu atau dua lembar tergantung kemampuan, dan mengulang setiap harinya 8 halaman sehingga anda bisa menyelesaikan 20 juz, jika anda telah menghafal 20 juz maka berhentilah menghafal selama 2 bulan untuk mengulang, setiap hari anda harus mengulang 8 halaman, jika sudah mengulang selama dua bulan, maka mulailah enghafal kembali setiap harinya satu atau dua halaman tergantung kemampuan dan setiap harinya mengulang apa yang telah dihafal sebanyak 8 lembar, hingga anda bisa menyelesaikan seluruh al-qur an.

Jika anda telah menyelesaikan 30 juz, ulangilah 10 juz pertama secara tersendiri selama satu bulan setiap harinya setengah juz, kemudian pindahlah ke 10 juz berikutnya juga setiap harinya diulang setengah juz ditambah 8 halaman dari sepuluh juz pertama, kemudian pindahlah untuk mengulang sepuluh juz terakhir dengan cara yang hampir sama, yaitu setiapharinya mengulang setengah juz ditambah 8 halaman dari 10 juz pertama dan 8 halaman dari 10 juz kedua.

BAGAIMANA CARA MENGULANG AL-QURAN (30 JUZ) SETELAH MENYELESAIKAN MURAJAAH DIATAS?

Mulailah mengulang al-qur an secara keseluruhan dengan cara setiap harinya mengulang 2 juz, dengan mengulangnya 3 kali dalam sehari, dengan demikian maka anda akan bisa mengkhatamkan al-Quran  setiap dua minggu sekali.

Dengan cara ini maka dalam jangka satu tahun insya Allah anda telah mutqin (kokoh) dalam menghafal al qur an, dan lakukanlah cara ini selama satu tahun.

APA YANG DILAKUKAN SETELAH MENGHAFAL AL QUR AN SELAMA SATU TAHUN?

Setelah menguasai hafalan dan mengulangnya dengan itqan (mantap) selama satu tahun,  jadikanlah al qur an sebagai wirid harian anda hingga akhir hayat, karena itulah yang dilakukan oleh Nabi r semasa hidupnya, beliau membagi al qur an menjadi tujuh bagian dan setiap harinya beliau mengulang setiap bagian tersebut, sehingga beliau mengkhatamkan al-quran setiap 7 hari sekali.

Aus bin Huzaifah rahimahullah; aku bertanya kepada para sahabat Rasulullah bagiamana cara mereka membagi al qur an untuk dijadikan wirid harian? Mereka menjawab: “kami kelompokan menjadi 3 surat, 5 surat, 7 surat, 9 surat, 11 surat,  dan wirid mufashal dari surat qaaf hingga khatam ( al Qur an)”. (HR. Ahmad).

Jadi mereka membagi wiridnya sebagai berikut:

  • Hari pertama: membaca surat “al fatihah” hingga akhir surat “an-nisa”,
  • Hari kedua: dari surat “al maidah” hingga akhir surat “at-taubah”,
  • Hari ketiga: dari surat “yunus” hingga akhir surat “an-nahl”,
  • Hari keempat: dari surat “al isra” hingga akhir surat “al furqan”,
  • Hari kelima: dari surat “asy syu’ara” hingga akhir surat “yaasin”,
  • Hari keenam: dari surat “ash-shafat” hingga akhir surat “al hujurat”,
  • Hari ketujuh: dari surat “qaaf” hingga akhir surat “an-naas”.

Para ulama menyingkat wirid nabi dengan al-Qur an menjadi kata: ” Fami bisyauqin ( فمي بشوق ) “, dari masing-masing huruf tersebut menjadi symbol dari surat yang dijadikan wirid Nabi pada setiap harinya maka:

  • huruf “fa” symbol dari surat “al fatihah”, sebagai awal wirid beliau hari pertama,
  • huruf “mim” symbol dari surat “al maidah”, sebagai awal wirid beliau hari kedua,
  • huruf “ya” symbol dari surat “yunus”, sebagai wirid beliau hari ketiga,
  • huruf “ba” symbol dari surat “bani israil (nama lain dari surat al isra)”, sebagai wirid beliau hari keempat,
  • huruf “syin” symbol dari surat “asy syu’ara”, sebagai awal wirid beliau hari kelima,
  • huruf “wau” symbol dari surat “wa shafaat”, sebagai awal wirid beliau hari keenam,
  • huruf “qaaf” symbol dari surat “qaaf”, sebagai awal wirid beliau hari ketujuh hingga akhir surat “an-nas”.

Adapun pembagian hizib yang ada pada al-qur an sekarang ini tidak lain adalah buatan Hajjaj bin Yusuf.

BAGAIMANA CARA MEMBEDAKAN ANTARA BACAAN YANG MUTASYABIH (MIRIP) DALAM AL-QUR AN?

Cara terbaik untuk membedakan antara bacaan yang hampir sama (mutasyabih) adalah dengan  cara membuka mushaf lalu bandingkan antara kedua ayat tersebut dan cermatilah perbedaan antara keduanya, kemudian buatlah tanda yang bisa untuk membedakan antara keduanya, dan ketika anda melakukan murajaah hafalan perhatikan perbedaan tersebut dan ulangilah secara terus menerus sehingga anda bisa mengingatnya dengan baik dan hafalan anda menjadi kuat (mutqin).

KAIDAH DAN KETENTUAN MENGHAFAL:

  1. Anda harus menghafal melalui seorang guru atau syekh yang bisa membenarkan bacaan anda jika salah.
  2. Hafalkanlah setiap hari sebanyak 2 halaman, 1 halaman setelah subuh dan 1 halaman setelah ashar atau maghrib, dengan cara ini insya Allah anda akan bisa menghafal al-qur an secara mutqin dalam kurun waktu satu tahun, akan tetapi jika anda memperbanyak kapasitas hafalan setiap harinya maka anda akan sulit untuk menjaga dan memantapkannya, sehingga hafalan anda akan menjadi lemah dan banyak yang dilupakan.
  3. Hafalkanlah mulai dari surat an-nas hingga surat al baqarah (membalik urutan al Qur an), karena hal itu lebih mudah.
  4. Dalam menghafal hendaknya menggunakan satu mushaf tertentu baik dalam cetakan maupun bentuknya, hal itu agar lebih mudah untuk menguatkan hafalan dan agar lebih mudah mengingat setiap ayatnya serta permulaan dan akhir setiap halamannya.
  5. Setiap yang menghafalkan al-quran pada 2 tahun pertama biasanya akan mudah hilang apa yang telah ia hafalkan, masa ini disebut masa “tajmi’” (pengumpulan hafalan), maka jangan bersedih karena sulitnya mengulang atau banyak kelirunya dalam hafalan, ini merupakan masa cobaan bagi para penghafal al-qur an, dan ini adalah masa yang rentan dan bisa menjadi pintu syetan untuk menggoda dan berusaha untuk menghentikan dari menghafal, maka jangan pedulikan godaannya dan teruslah menghafal, karena meghafal al-quran merupakan harta yang  sangat berharga dan tidak tidak diberikan kecuali kepada orag yang dikaruniai Allah swt, akhirnya kita memohon kepada-Nya agar termasuk menjadi hamba-hamba-Nya yang diberi taufiq untuk menghafal dan mengamalkan kitabNya dan mengikuti sunnah nabi-Nya dalam kehidupan yang fana ini. Amin ya rabal ‘alamin.

Sumber: Islamhouse.com

 

Related Posts

15 Langkah Effektif Menghafal Al Qur’an

Al-Qur’an di Hati Seorang Muslim

Keutamaan Membaca dan Menghafal Al Qur’an

40 Comments

  1. muhammad ikhwan ridhani
    October 2, 2012, 4:36 pm   / 

    ammiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn……………..semangattttttttttt

  2. Krismonandar
    October 2, 2012, 9:18 pm   / 

    Aamin

  3. arif maulana fitrah
    October 3, 2012, 7:56 am   / 

    assalammualaikum.ustd sya mau nanya gmna cara nyya memperrtahankan hafalan kita

  4. anis ernawati
    October 3, 2012, 9:10 am   / 

    ustadz pa benar ni ODOA nya kok masih nyampek ayat 14 punyaan ana usernya kok tetap ayat 14 hampir 1 minggu……tolong penjelasanya sukran

  5. bahrudinalhafidz
    October 3, 2012, 4:42 pm   / 

    Jazakumullah khoiran katsiro

  6. October 3, 2012, 8:45 pm   / 

    Saya sempat patah semangat untuk menghafal a-lQur’an, huhuhu…. sungguh berat….
    Tp karena saya telah baca artikel ini, saya menjadi semangat lagi, terimakasih banyak… Smangadh! Smangadh! Smangadh!

  7. iriani
    October 4, 2012, 7:25 am   / 

    Assalamualaikum Ustadz,,Alhamdulillah sdh bisa buka ayat yg ke 15,tp knp cm 1 hr 1 ayat.sedangkan itu sdh smp ayat yg ke 24,,apakah setiap hari akan tambah terus ayatnya menjadi 25 dst,berarti saya akan tertinggal jauh yaaaa,mohon penjelasannya,mks

  8. hamsiah
    October 9, 2012, 2:41 am   / 

    Assalamualaikum pak ustadz saya belum tahu kalaou saya sudah termasuk anggkatan pertama seba saya baru bisa inlog pada tgl 1oktober sedangkan lombah pertama udah sampai ayat 23 bagaimana pak ustadz?
    alhamdulillah saya uda sampai ayat ke 6 pak ustadz mhon bimbingannya wassallam hamsiah

  9. zaenabyazid
    October 9, 2012, 5:48 am   / 

    ustadz tetap istiqomah, baaru ayat 25 ….

  10. nufa
    October 9, 2012, 12:20 pm   / 

    Amiiin…doakan ya ustadz smoga kita benar benar dimudahkan Allah untuk menjadi hafizhah..

  11. Ayu3Angel
    October 9, 2012, 4:17 pm   / 

    Sukron P’ Ustadz ….. tetap semangat !

  12. Tina Ariantini
    October 10, 2012, 2:25 pm   / 

    ya Allah mudah kan lah aku menghapal AL-Qur’an……………………………….Amiiiiin Ya Robbal Alamin dan kami mohon doa dari ustadz semoga kami tetap istiqomah dalam menghapal Al Qur’an

  13. suprapto_alfarid
    October 11, 2012, 4:41 pm   / 

    allahumma amiin

  14. sabrina_ahmad
    October 12, 2012, 7:47 pm   / 

    aaminn ya rabbal alamin…..

  15. hadienurhadi
    October 18, 2012, 9:16 am   / 

    download ayatnya ada dimana ya? ko’ ga bisa dibuka surat al-baqorohnya,,,,,,,,,,
    terimakasih

  16. Wati.Marwati
    October 18, 2012, 5:28 pm   / 

    Terimakasih antv alhamdulillah adanya ustd ym sekarang ibu lebih semangat menghafal.

  17. Aas
    October 22, 2012, 1:29 pm   / 

    Aamiin…Semoga bisa…

  18. fathi
    October 24, 2012, 6:31 pm   / 

    amin

  19. Tuti-Suryati
    October 25, 2012, 7:40 am   / 

    Alhamdulillah semoga bisa ODOA juga untuk suami dan anak anakku yuk menghafal Qur’an

  20. Sri_nurhayati
    October 26, 2012, 7:16 am   / 

    insya alloh, akan saya coba

  21. dwiambarwati
    October 28, 2012, 9:50 pm   / 

    Alhamdulillah, baru samp ayt 13, trima kasih

  22. slamet.BPI
    October 30, 2012, 5:37 am   / 

    Amien Ya Allah

  23. Rahmatc2
    October 30, 2012, 5:38 am   / 

    subhanalloh

  24. m jamillah
    November 4, 2012, 10:52 pm   / 

    insya allah saya mencobanya
    mudah-mudahan allah memudahkan saya untuk menhafal

  25. Wita_azkya
    November 7, 2012, 7:02 pm   / 

    semoga Allah memberi kemudahna pada kita semua untuk menghafalkan dan mengamalkan Al Qur’anul Kariim

  26. Munasri.Amd.Keb
    November 8, 2012, 9:12 pm   / 

    Ya Allah mudah kan lah aku menghapal AL-Qur’an. Amin Ya Robbal Alamin dan saya mohon doa dari ustadz Yusuf Mansur semoga kami tetap istiqoma dalam menghapal Al Qur’an :)

    • Admin2
      November 10, 2012, 10:41 am   / 

      amien….

  27. agusalimullah
    November 9, 2012, 6:14 am   / 

    waduh bisa ga yah…..
    ragu neh…..

    • Admin2
      November 10, 2012, 10:40 am   / 

      insyallah bisa.. jangan ragu.

  28. Esya
    November 9, 2012, 1:04 pm   / 

    Alhamdulillah saya dapat menghafalnya ustad terimaksih atas metode-metode yang ustad berikan

  29. dwiambarwati
    November 11, 2012, 7:26 am   / 

    Admin. Kl mau buka odoa kok ga bs ? Sdh terdaftar smp login berhenti . . .bgmn crnya ya. Tks

  30. iriani
    November 12, 2012, 7:35 am   / 

    hu…..hu….hu..ditinggal 1 minggu udah ketinggalan banyakkkkk,gmn cara ngejernya pak ustadz…….bentar lagi udah mau Akbar

  31. Intan Nirmala
    November 14, 2012, 7:12 pm   / 

    Assalamu’alaikum wrwb.
    ya Alloh Ustaad menghahal Al Qur’an sulit banget ya……..
    tolong doa aja ya semoga saya tetap bisa semangat menjalani hidup ini. Aamiin

  32. DODY_IRNAWAN
    November 14, 2012, 10:59 pm   / 

    semangattt menghafal ODOA

  33. bass van java
    November 16, 2012, 10:04 am   / 

    ALHAMDULILLAH

  34. andri ps
    November 20, 2012, 10:20 am   / 

    doain ustad biar mudah ngapall.

  35. siti nurani
    November 20, 2012, 11:01 am   / 

    doakan pak ustadz,biar saya mudah mengahafal dan selalu semangat dlm menghafal Al-qur,an

  36. memed
    December 23, 2012, 7:08 am   / 

    ASSALAMUALLAIKUM USTADZ SY PENGEN SEKALI BISA MENGHAFAL QUR’AN GMN CRNYA USTADZ TLG DOANYA YA USTADZ

  37. sallsa
    April 18, 2013, 5:11 pm   / 

    Asaallamu’alaikum.ustad.
    sebenarnya aku pengen belajar menghapal quran tp syg aku g punya guru/ ustad.aku hanya bs belajar sendri saat ini walau bacaannya msh terbata bata tp aku ttp brusaha tuk belajarnya. mhn doanya ustad.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.